Pertumbuhan Game Online Dikuasai Kawasan Asia-Pasifik

Wilayah Asia-Pasifik akan menjadi kekuatan pendorongaling besar di balik pertumbuhan masa depan game online, menurut laporan baru yang dikeluarkan oleh analis di Market Research Future.
Pertumbuhan keuangan

Dalam laporan setebal 111 halaman yang diterbitkan awal bulan ini, para peneliti menguraikan faktor-faktor yang mereka yakini akan memengaruhi industri selama enam tahun ke depan, termasuk minat terus-menerus pada sektor game mobile.

Ke depan hingga 2025, laporan proyek bahwa tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) industri game akan mencapai 13,2 persen. Eropa akan tetap menjadi benteng internasional di sektor permainan karena merupakan rumah bagi, atau tempat kelahiran, merek-merek terkemuka seperti bet365 dan 888 Holdings.

Di luar Eropa, wilayah Asia-Pasifik “diperkirakan akan mendaftarkan CAGR tertinggi,” menurut laporan itu.

Dari faktor-faktor pertumbuhan yang diidentifikasi, analis menunjuk pada maraknya permainan ponsel di kawasan ini. Meskipun negara-negara seperti Cina dan Jepang tetap menjadi daerah abu-abu untuk perusahaan game online, penggunaan ponsel cerdas di seluruh Asia meningkat.

Menurut Statista, sekarang ada lebih dari 1,4 miliar smartphone di Asia, dan lebih dari 2 miliar smartphone saat wilayah Pasifik dimasukkan. Sebagai operator poker online menargetkan negara-negara seperti Filipina dan India, akses ke game mobile akan menjadi semakin penting.

Yang juga dicatat dalam laporan tersebut adalah meningkatnya pengaruh faktor “kegembiraan sosial”, seperti penggunaan bintang media sosial dan selebritas lain untuk membantu mempromosikan permainan. Baru-baru ini di India, perusahaan beralih ke platform populer seperti MTV untuk mempromosikan game online.

Upaya ini, dalam kombinasi dengan kampanye YouTube dan Twitter, membantu industri ini tumbuh di kawasan Asia-Pasifik, dan dunia pada umumnya.

Faktor tambahan yang diyakini para analis akan berkontribusi pada CAGR 13,2 persen adalah meningkatnya pengaruh “pengoceh sosial.” Didefinisikan sebagai pemain biasa, kategori ini, bersama dengan penggemar media sosial, diharapkan menjadi salah satu demografi yang tumbuh paling cepat yang membantu mempromosikan secara online bermain game.

Mengingat ramalan ini, gerakan terbaru oleh orang-orang seperti PokerStars dan Partypoker sekarang lebih masuk akal.

Tentu saja, laporan ini tidak memberikan informasi yang benar-benar inovatif bagi siapa pun yang pernah bermain poker online selama lima tahun terakhir.
Selain itu ini bukan jadi akhir dari turnamen poker online bernilai tinggi, seperti Partypoker’s Millions Online.

Namun, ketika orang luar industri menyoroti dinamika perubahan game online, ini memberikan perspektif yang lebih baik tentang bagaimana hal-hal dapat berubah di tahun-tahun mendatang.